Semarang - Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Asep Kurnia, mengapresiasi semangat Badiklat Jateng yang saat ini tengah menyelenggarakan dua pelatihan pada bulan Januari 2021, yang disampaikan dalam pembukaan Pelatihan Teknis Pengawasan Keimigrasian Metode Pembelajaran Jarak Jauh TA 2021, pada Selasa (19/01).

 Kegiatan ini dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan BPSDM Hukum dan HAM, Kepala Divisi Administrasi, Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Para WI Utama dan WI Madya BPSDM Hukum dan HAM.

 Pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta dari 10 Kantor Wilayah ini, diselenggarakan pada 19 s.d. 29 Januari  2021.

 Kabadiklat Jateng, Kaswo, menyampaikan laporan penyelenggaraan dari Ruang Puspa Raja, ruangan pusat pembelajaran jarak jauh yang dimiliki Badiklat Jateng.

 Kepala BPSDM Hukum dan HAM berharap walaupun di tengah pandemi, para peserta pelatihan tetap semangat dan dapat memanfatkan teknologi dan komunikasi agar pelatihan dapat berjalan dengan efektif, efesien dan produktif.

 Dalam sambutannya, Asep Kurnia menyampaikan, bahwa  Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi mempunyai tantangan tersendiri di dalam pengawasan keimigrasian baik pengawaan terhadap Warga Negara Asing maupun Warga Negara Indonesia.

 Tugas dan fungsi pengawasan keimigrasian dituntut untuk lebih ekstra sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan SDM di bidang Keimigrasian melalui berbagai pelatihan dan kegiatan-kegiatan Corpu.

 Beliau menjelaskan bahwa pada masa sekarang ini pengembangan SDM harus pula mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkannya seperti dalam strategi Kemenkumham Corpu yang telah dikembangkan oleh BPSDM Hukum dan HAM.