SEMARANG - Jumat sehat semangat, Jajaran Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah melangsungkan senam pagi di lapangan setelah apel pagi bersama (05/02).

Di bawah hangatnya sinar matahari pagi, Kabadiklat dan seluruh peserta mengikuti gerak dan irama bersama instruktur. Setelah lelah menjalani pekerjaan di awal minggu, para pegawai memanfaatkan momen olah raga ini untuk berelaksasi.

Tak hanya menyenangkan, olah raga meningkatkan metabolisme tubuh, tentunya tubuh akan menjadi bugar kembali, terlebih di masa pandemi covid-19 ini, kita diharuskan untuk menjaga kesehatan.

Apel dan senam pagi merupakan salah satu upaya penerapan area manajemen perubahan, sebagai pembinaan mental pegawai dan keterlibatan seluruh jajaran dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas. Dimana setelah meraih predikat WBK pada tahun 2020 lalu, Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah menargetkan sebagai satuan kerja berpredikat WBBM tahun ini.

 

Semarang - Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, menghadiri secara langsung kegiatan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2021 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, pada Kamis 04/02.

Kabadiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, didapuk sebagai perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis di jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, dalam penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja Tahun 2021 antara Plt. Kakanwil dgn Kepala UPT, dan penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021

Dilangsungkan di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Lucky Agung Binarto, menyampaikan pesan pemantik semangat kepada seluruh jajaran agar komitmen dan konsisten terhadap apa yang menjadi tanggung jawab bersama, dengan bersinergi dan berkolabolari, serta selalu kedepankan K2S, Komunikatif, Kompak dan Solid.

Menyimak dari arahan yang disampaikan dalam sambutan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, beliau memberikan gambaran bagaimana menghadirkan cita pelayanan publik yang berkualitas tanpa mal-administrasi, dan anti korupsi melalui pencanangan Pembangunan ZI.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan seluruh Pelaksana di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, serta Forkopimda Provinsi Jawa Tengah yang hadir secara langsung maupun virtual.

  

Semarang - Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Asep Kurnia, mengapresiasi semangat Badiklat Jateng yang saat ini tengah menyelenggarakan dua pelatihan pada bulan Januari 2021, yang disampaikan dalam pembukaan Pelatihan Teknis Pengawasan Keimigrasian Metode Pembelajaran Jarak Jauh TA 2021, pada Selasa (19/01).

 Kegiatan ini dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan BPSDM Hukum dan HAM, Kepala Divisi Administrasi, Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Para WI Utama dan WI Madya BPSDM Hukum dan HAM.

 Pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta dari 10 Kantor Wilayah ini, diselenggarakan pada 19 s.d. 29 Januari  2021.

 Kabadiklat Jateng, Kaswo, menyampaikan laporan penyelenggaraan dari Ruang Puspa Raja, ruangan pusat pembelajaran jarak jauh yang dimiliki Badiklat Jateng.

 Kepala BPSDM Hukum dan HAM berharap walaupun di tengah pandemi, para peserta pelatihan tetap semangat dan dapat memanfatkan teknologi dan komunikasi agar pelatihan dapat berjalan dengan efektif, efesien dan produktif.

 Dalam sambutannya, Asep Kurnia menyampaikan, bahwa  Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi mempunyai tantangan tersendiri di dalam pengawasan keimigrasian baik pengawaan terhadap Warga Negara Asing maupun Warga Negara Indonesia.

 Tugas dan fungsi pengawasan keimigrasian dituntut untuk lebih ekstra sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan SDM di bidang Keimigrasian melalui berbagai pelatihan dan kegiatan-kegiatan Corpu.

 Beliau menjelaskan bahwa pada masa sekarang ini pengembangan SDM harus pula mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkannya seperti dalam strategi Kemenkumham Corpu yang telah dikembangkan oleh BPSDM Hukum dan HAM.

 

BITUNG - Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Ju Lotje Olga, Didampingi Kepala Seksi Penyelenggara, Abdul Majid Ode, dan Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Fetty H Wantania melakukan Koordinasi ke BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara pada hari Rabu (06/01/2021). disambut oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara, Jahja P. Rondonuwu.

Koordinasi terkait persiapan Pelatihan Dasar CPNS tahun 2021 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021, dengan jumlah target peserta sebanyak 1.097 Orang yang akan dilaksanakan di tiga wilayah, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua. Sedangkan untuk di BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara Sendiri akan di ikuti sebanyak 417 CPNS.

Kerjasama antara Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara dengan BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara bukanlah yang pertama kali, sebelumnya kegiatan yang sama juga telah sukses dilaksanakan pada tahun 2019.

 

BATAM, Kepala Balai pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau, Rinto Gunawan Sitorus bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Pande Made Handika Riady dan Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Asep Rohimat melakukan peninjauan Lokasi Tanah Badiklatkumham kepri yang berlokasi di Telaga Punggur. Kabadiklat menjelaskan agar proses pengurusan administrasi Tanah badiklatkumham kepri agar segera dilakukan guna penertiban administrasi pelaporan BMN.

Copyright © 2021 BPSDM Hukum dan HAM. All Rights Reserved.