091117

Depok- Tujuan dilaksanakannya Training of Trainer (TOT) Kompetensi Bidang Tugas Keimigrasian adalah membekali calon pengajar agar mampu merencanakan dan melaksanakan metode pembelajaran secara efektif dan dapat memenuhi jumlah tenaga pengajar yang dibutuhkan pada pelatihan dasar CPNS khususnya pada kompetensi dasar teknis bidang tugas keimigrasian.

Demikian yang disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Mardjoeki saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Kompetensi Bidang Tugas Keimigrasian, di ruang kelas D (08/11).

Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2017 melaksanakan kegiatan penerimaan calon pegawai negeri sipil sebanyak 17.526 orang. Penerimaan CPNS tersebut terdiri dari 21 (dua puluh satu) jenis jabatan diantaranya jabatan analis dan pemeriksa keimigrasian.

Lebih lanjut Mardjoeki menegaskan bahwa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM sebagai unit pengembangan SDM di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM memiliki peran penting dalam mempersiapkan pelatihan dasar CPNS di tahun 2018 nanti.

Dijelaskanya berdasarkan PerkaLAN nomor 21 dan 22 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil golongan I, II dan III terdiri dari dua struktur kulikulum yang meliputi kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan bidang tugas.

Langkah tepat diambil Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM dengan telah dilaksanakanya kegiatan penyusunan kurikulum dan modul kompetensi teknis, serta dilaksanakannya TOT khususnya untuk Kompetensi Teknis Bidang Tugas Keimigrasian.

Sementara itu Kepala bagian Penyelenggaraan, Jusman dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan Training of Trainer (TOT) Kompetensi Bidang Tugas Keimigrasian berlangsung selama tujuh hari atau 70 (tujuh puluh) jam pelajaran dimana pesertanya adalah pejabat imigrasi eselon III dan IV dan JFT, JFU yang dianggap mampu dan berkompeten untuk melaksanakan tugas sebagai tenaga pengajar pada Pelatihan Dasar CPNS.

091117a

 

091117b