23112017

Depok_Seluruh jajaran Pejabat pengawas dan pelaksana pada Badan Penelitian Pengembangan Hukum dan HAM mengikuti kegiatan Uji Kompetensi dan Assessment yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM bekerja sama dengan Badan Penelitian Pengembangan Hukum dan HAM, pagi ini (23/11) bertempat di Gedung Serbaguna Lantai 3.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Badan Penelitian Pengembangan Hukum dan HAM yang dalam hal ini diwakili Kepala Bagian Kepegawaian Badan Penelitian Pengembangan Hukum dan HAM, Kesy Warsiningsih mengungkapkan Kegiatan Uji Kompetensi dan Assessment yang direncanakan dilaksanakan dari tanggal 23-24 November 2017. “Dalam rangka implementasi program reformasi birokrasi, yaitu penataan sistem manajemen sumber daya manusia aparatur, Badan Penelitian Pengembangan Hukum dan HAM untuk meningkatkan kualitas pegawai.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Menurut Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil, Kompetensi merupakan kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai negeri sipil berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya, sehingga pegawai negeri sipil tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara professional, efektif dan efisien.

Kesy mengharapkan yang dapat digunakan dari hasil penilaian kompetensi Sumber Daya Manusia aparatur sipil negara adalah identifikasi potensi secara dini (mapping), identifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan, rekrutmen dan mutasi dan perencanaan organisasi dan talent pool.

Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (ASN) berbasis kompetensi, sangat diperlukan guna mewujudkan pemerintahan yang profesional. Kompetensi jabatan Sumber Daya Manusia Aparatur (ASN), secara umum berarti kemampuan dan karakteristik yang dimiliki seorang Aparatur Sipil Negara berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilakun yang dilakukan dalam pelaksanaan tugas jabatan. Kompetensi menyangkut kewenangan setiap individu untuk melakukan tugas atau mengambil keputusan sesuai dengan perannya dalam organisasi yang relevan denga keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, lengkapnya.

23112017b

23112017a