CAT 01

Ternate (22/8/2017) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM RI bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara menggelar Uji Kompetensi Metode Computer Assisted Test (CAT) bagi pegawai di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara yang berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor SDM.239.DL.04.02 tahun 2017 Tanggal 15 Juni 2017 tentang Penetapan Penyelenggaraan Identifikasi Profil Kompetensi Aparatur Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menggunakan Computer Assissted Test (CAT).

CAT 02

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 201 orang pegawai Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Maluku Utara mengikuti pelaksanaan kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Negeri Khairun Ternate.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM Bapak Dr. Mardjoeki

Dalam sambutannya beliau mengatakan, undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang kemudian dipertegas dan diperkuat oleh Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negara Sipil mendorong perubahan atas manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya data kepegawaian yang menjadi core businer Biro Kepegawaian Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya hanya meliputi data administrasi kepegawaian yang bersangkutan, kedelapan telah dirancang untuk diintegrasikan dengan data potensi dan kompetensi masing-masing individu ASN kedalam Sistem Informasi dan Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kementerian Hukum dan HAM.

CAT 03

Beliu menambahkan, SIMPEG Kementerian Hukum dan HAM didesain dengan menyajikan fitur kompetensi, berisikan informasi hasil uji kompetensi individu pegawai. Agar data pada fitur kompetensi tersedia maka diperlukan data hasil uji kompetensi individu pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang berjumlah kurang lebih 43.000 pegawai baik pejabat struktural, jabatan fungsional tertentu maupun pelaksana yang tersebar di 33 (tiga pulh tiga) Kota Wilayahdan 11 (sebelas) Unit Pusat. Hal ini belum termasuk calon pegawai baru sebanyak 17.000 orang. Untuk itu diperlukan straregi agar target pencapaian untuk memetakan profil kompetensi seluruh pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM terpenuhi.   

Uji Kompetensi tersebut langsung diawasi oleh pengawas dari BPSDM Kementerian Hukum dan HAM RI dan hasil dari uji kompetensi dengan menggunakan metode CAT tersebut akan dimasukkan kedalam Sistem Informasi  Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) sebagai bahan perencanaan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI

CAT 04

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dalam 5 Tahap, dikarenakan Laboratorium Komputer Universitas Negeri Khairun Ternate hanya bisa menampung kurang lebih 40 orang.