fgd22revisi

 

 

Bogor_Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM, Andi Dahrief membuka kegiatan FGD Penyusunan Modul Diklat bagi Petugas Permayarakatan dan Imigrasi bertempat The 101 Hotel Bogor (22/11).

Dalam sambutannya, Andi Dahrief menyampaikan “Proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses komunikasi yang diwujudkan melalui penyampaian informasi kepada peserta didik berupa pengetahuan,keahlian, skill, ide, pengalaman dan sebagainya, baik itu disampaikan secara langsung maupun dalam bentuk modul. Oleh karena itu modul yang sesuai dengan standar kompetensi sangatlah diperlukan dalam penyelenggaraan kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan” Ungkapnya.

Lebih lanjut Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM  mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah mengenai suatu isu atau masalah yang berkaitan dengan HAM bagi Petugas Permasyarakatan dan Imigrasi. Sehingga proses pengumpulan data dan informasi mengenai HAM bagi Petugas Permasyarakatan dan Imigrasi dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu kegiatan ini merupakan forum dengar pendapat yang diberikan oleh narasumber dan peserta untuk kemudian didiskusikan serta dirumuskan hingga menghasilkan modul diklat HAM bagi Petugas Permasyarakatan dan Imigrasi yang baik dan terstandarisasi.

Melalui modul, peserta diklat mampu mempelajari sendiri, tidak bergantung kepada orang lain. Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi sampai sub kompetensinya yang dipelajari terdapat didalam satu modul secara penuh. Modul memiliki daya adaptif yang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Dikatakan adaptif karena dapat melakukan penyesuaian dengan cepat dan fleksibel terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat meningkatkan sumber daya manusia itu sendiri, lengkapnya.

Laporan Kepala bidang Penyelenggara menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran sehingga prioses belajar mengajar menjadi lebih terarah dan lebih sistematis dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan semakin berkualitas dan tersusunnya modul pendidikan dan pelatihan HAM  bagi Petugas Permasyarakatan dan Imigrasi yang berkualitas.

Jumlah peserta kegiatan penyusunan kurikulum pendidikan dan pelatihan HAM bagi Petugas Permasyarakatan dan Imigrasi sebanyak 36 orang yang berasal dari BPSDM Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal HAM, Direktorat Jenderal Permasyarakatan, Direktorat Jenderal Imigrasi, Politeknik ilmu Permasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

fgd22a

 

fgd22b