refleksi1

Jakarta_“Sepanjang tahun 2017 banyak yang telah dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang luar biasa dari seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta dukungan dari kementerian atau lembaga lain. Sebagai organisasi dengan sakupan tugas yang sangat luas. Heterogenitas tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM tercermin dari pelaksanaan tugas sebanyak 43.529 pegawai di 670 satuan kerja menjadikan Kementerian Hukkum dn HAM memiliki peran strategis dan tanggung jawab yang besar” mengawali sambutannya Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam Kegiatan Refleksi akhir tahun Kementerian Hukum dan HAM tahun 2017 yang juga dihadiri oleh Ketua Ombudsman RI Amzulan Rifai dan Menteri  Pendayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur dilaksanakan di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan Jakarta Selatan (20/12).


Awal tahun 2017 kita telah dihadapkan pada persoalan-persoalan antara lain penyelesaian peraturan perundang-undangan, pelarian narapidana, pelanggaran keimigrasian, penyaluran bantuan hokum, penataan kelembagaan, penganggaran dan persoalan sumber daya manuasia menjadi pekerjaan yang harus diselesaikan sepanjang tahun 2017. Lebih jauh Menkumham mengatakan bahwa hampir setiap bulan dan setiap kali ada momentum penting pimpinan Kementerian terus menerus mengingatkan jajaran baik dipusat maupun didaerah untuk tetap semangat, tetap berdoa dan tetap bekerja keras untuk menyelesaikan satu persatu persoalan yang kita hadapi secara tuntas dan berkualitas, lengkapnya.

Mengakhiri sambutannya Yasonna berpesan "Kerja belum selesai, masih banyak target di tahun 2018 yang harus diselesaikan. Tantangan kedepan semakin berat. Kompleksitas permasalahan semakin tinggi, tuntutan masyarakat pun semakin beragam. Kerja keras , kerja cerdas dan kerja ikhlas memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Optimalkan penggunaan teknologi informasi disemua aktivitas birokrasi dan perkokoh E-Gov untuk mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM semakin professional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif.


Berikut sejumlah Prestasi Kementerian Hukum dan HAM sepanjang tahun 2017:

  1. Penghargaan dari Kementerian Keuangan sebaga Terbaik pertama dalam Kinerja Pengelolaan Anggaran KAtegori Pagu Besar tingkat K/L Tahun Anggaran 2017.
  2. Penghargaan Kementerian PAN dan RB atas Pelayanan Publik kategori waktu respon cepat tahun 2017.
  3. Penghargaan Badan Kepegawaian Negara atas Pengelolaan Kepegawaian Terbaik tingkat Kementerian Besar
  4. Penghargaan Kementerian Keuangan sebagai nominator terbaik ketiga pengelolaan PNBP Tahun 2017.
  5. Penghargaan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan atas TOP pelayanan Publik 2017 yaitu Sistem Teknologi E-Filling Renewal Trademark.
  6. Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI.
  7. Apresiasi dari Kementerian PAN RB atas terbangunnya Sistem aplikasi CPNS yang akuntabel, transparan bebas dari KKN berbasis Teknologi informasi dan direplikasi oleh 60 Kementerian Lembaga lain untuk pelaksanaan seleksi kompetensi bidang wawancara.
  8. Penghargaan dari ikatan Akuntan Indonesia (Akuntan Award 2017) kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly atas dedikasi, prestasi, inovasi dan kontribusi dalam implementasi governance, transparansi dan akuntabilitas di Indonesia serta mengangkat citra akuntan di masyarakat.

refleksi3

refleksi5

refleksi2