127954

Depok – Menyikapi situasi pandemic nCovid-19 saat ini, Pemerintah gencar-gencarnya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan social distancing yang diwujudkan dengan pengurangan aktivitas yang tidak perlu keluar rumah. Sehingga masyarakat disarankan untuk melakukan segala aktivitas di kediaman masing-masing.

 Hal ini pun kemudian berimbas pada kegiatan belajar mengajar dan ketarunaan di Politeknik Imigrasi. Akibat adanya pandemic n-covid19 ini, Politeknik Imigrasipun memberlakukan kebijakan social distancing kepada seluruh civitas akademika Politeknik Imigrasi. Puncaknya, seluruh taruna dan taruni diarahkan untuk kembali ke kediaman masing-masing.

Melalui surat edaran Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Peserta Didik Nomor:SDM.6.SM.10.03-0855 Tahun 2020, menginstruksikan kepada seluruh peserta didik Politeknik Imigrasi untuk melaksanakan pembelajaran online dengan tetap menggunakan seragam dinasnya. Penggunaan media online dalam sistem pembelajaran memang telah diterapkan sejak lama di Politeknik Imigrasi. Adanya E-Learning ini adalah bentuk konkrit komitmen Politeknik Imigrasi dalam menyongsong era revolusi digital 4.0.

127955

Selanjutnya, selama pandemic nCovid-19 ini maka taruna dan taruni Politeknik Imigrasi tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagaimana biasanya dengan cara pembelajaran jarak jauh berbasis online melalui elearning.poltekim.ac.id dan imexam.ac.id. Selain itu juga memanfaatkan beberapa media seperti, aplikasi Edmodo, Zoom Meeting, Google Meeting dan Google Clasroom.

Aplikasi edmodo dan Google Classroom kerap digunakan oleh para dosen untuk memberikan materi dan tugas kepada para taruna. Sementara aplikasi Zoom Meeting dan Google Meeting digunakan untuk melakukan diskusi dan pembelajaran tatap muka online antara dosen dan taruna. Tak jarang, Pembina dan pejabat juga turut serta dalam pemanfaat media online ini sebagai bentuk pengawasan dan pengkontrolan terhadap giat taruna selama melakukan social distancing di kediaman masing-masing. Dengan penggunaan aplikasi-aplikasi onlinse semacam ini diharapkan dapat tetap memacu semangat para taruna untuk tetap berkarya dan belajar ditengah situasi pandemic nCovid-19.

Ditulis oleh

Hana Farah Dhiba / Taruna Tk.2 Politeknik Imigrasi

Andreas Pangestu / Taruna Tk.1 Politeknik Imigrasi