saiba 2017 1

Mataram - Bertempat di Hotel Grand Legi Mataram, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengelola SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual) tingkat mula bagi 30 orang peserta dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis (22/5/2017). Seluruh peserta terdiri dari para pengelola keuangan pada masing-masing UPT jajaran Kanwil Kemenkumham NTB.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Sevial Akmily. Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pengelola SAIBA ini baru sekali diselenggarakan di NTB setelah pengelolaan keuangan berbasis akrual telah resmi ditetapkan oleh Kementerian Keuangan pada 2015 lalu. Hal ini tentu merupakan suatu keterlambatan, akan tetapi dengan banyaknya pelatihan yang dilakukan sosialisasi oleh pihak eksternal dan Sekretarian Jenderal Kemenkumham tentunya para operator sudah tidak asing lagi dengan pengelolaan keuangan yang berbasis akrual, khususnya SAIBA.

Pelatihan pengelola SAIBA tingkat mula ini merupakan implikasi dari kebijakan pengembangan sumber daya manusia aparatur yang berorientasi dalam peningkatan sumber daya manusia aparatur yang profesional, berwawasan luas, bermoral tinggi, inovatif, serta terwujudnya birokrasi yang efektif dan efisien dalam rangka pembinaan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia khususnya pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat. Pelatihan ini juga bermanfaat bagi para operator baru yang ditunjuk oleh masing-masing Kepala Unit Pelaksana Teknis untuk melakukan regenerasi dan memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi setiap pegawai untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut, Kakanwil mengharapkan para peserta mampu menyusun laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) berbasis akrual, baik secara manual maupun menggunakan aplikasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual untuk itu peserta harus mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. (http://ntb.kemenkumham.go.id)

saiba 2017 2