IMG 20180514 WA0003

Tangerang - Sebanyak 240 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten yang terdiri dari 193 orang CPNS laki laki dan 47 orang CPNS wanita memulai Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II bertempat di Pendidikan Khusus Keimigrasian Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Babakan Kec. Tangerang Kota Tangerang pada hari ini, Senin (14/05).

Hadir sebagai pemateri, yakni Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Mardjoeki dan Kepala Pusat Pengembangan Diklat Teknis Kepemimpinan, Andi Dahrif.

Dalam materinya terkait Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara, Mardjoeki menyampaikan bahwa sesuai amanat Menteri para CPNS 2018 adalah orang-orang terpilih dan ternyata dalam kurun waktu 3 bulan para CPNS sudah dapat menunjukkan/mengukir prestasi dengan menggagalkan masuknya narkoba, HP ke dalam Lapas/Rutan. Hal ini menunjukkan langkah perbaikan ke depan bagi Lapas/Rutan.

Diukur dari Arah Kebijakan, Pengembangan SDM ASN dibagi menjadi 3 kelompok kompetensi, yaitu Kompetensi Teknis (diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional dan pengalaman bekerja secara teknis), Kompetensi Manajerial (diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen dan pengalaman kepemimpinan) serta Kompetensi Sosial Kultural (diukur dari pengalaman kerja yang berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan).

Mardjoeki pun menyampaikan bahwa tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara adalah sebagai pelaksana kebijakan, pelayan publik dan perekat serta pemersatu bangsa. 

Tak luput Kepala BPSDM Hukum dan HAM pun mengharapkan agar para CPNS  untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan dapat mengikuti dengan baik kegiatan latsar ini karena dapat menentukan status para CPNS menjadi PNS atau tidak dan jika tidak lulus, peserta tak bisa mengulang Latsar karena masa percobaan CPNS hanya 1 tahun dan hal ini berbeda dengan sistem sebelumnya yang masih bernama Prajab CPNS.

"Aparatur Sipil Negara (ASN) yang maju adalah yang menguasai teknologi, karena itu teruslah mengembangkan diri dan jangan lelah untuk belajar" urainya.

https://banten.kemenkumham.go.id

IMG 20180514 WA0004

IMG 20180514 WA0005

IMG 20180514 WA0009