3194b

Pekanbaru – Latihan dasar (latsar) bagi CPNS hasil penerimaan tahun 2017 dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau dimulai hari ini. Bekerja sama dengan Badan Pengembangan SDM Provinsi Riau, 206 CPNS golongan III dan II akan menjalani latihan dasar di Balai Diklat milik Pemerintah Provinsi Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau M. Diah pada pembukaan Latsar CPNS, Senin (7/5) mengatakan bahwa para CPNS telah tiba pada tahap akhir untuk menjadi PNS. Memang sejak ditetapkan sebagai CPNS mereka telah menjalani berbagai tahapan mulai dari tahap orientasi secara umum di Kanwil kemudian diberikan pengenalan lingkungan tugas di upt teknis sesuai bidang tugas masing-masing. Para CPNS tersebut juga mendapat pembekalan fisik dan mental serta teknis di satuan kerja masing-masing. Tahapan proses ini telah dijalani sejak bulan Janurai 2018 dan saat ini dilanjutkan dengan latihan dasar yang merupakan tahap akhir sebelum dapat diangkat menjadi PNS. Latihan dasar dijadwalkan berlangsung selama satu bulan dari tanggal 7 Mei hingga 23 Juni 2018.

Latihan dasar yang dulu lazim disebut diklat prajabatan merupakan tahapan yang wajib diikuti oleh seluruh CPNS sebelum diangkat menjadi PNS. Hanya mereka yang lulus yang akan diangkat menjadi PNS.

Pembukaan Latsar sendiri dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau sedangkan widya iswara berasal dari BPSDM Kementerian Hukum dan HAM serta BPSDM Provinsi Riau.
Sebagai bentuk pernyataan kesiapannya, di hadapan Kakanwil para CPNS menyatakan komitmennya untuk mengikuti latsar dan segala peraturannya dengan sungguh-sungguh dalam sebuah ikrar yang dibacakan oleh salah seorang peserta dan diikuti oleh seluruh CPNS.

(Humas Kanwil Riau)

https://riau.kemenkumham.go.id

3194d

3194a

3194c