latasracehgel2a

Banda Aceh, 30 April 2018 bertempat di Rumoh PMI Banda Aceh telah dilaksanakan pembukaan pelatihan dasar CPNS golongan 2 angkatan 2 dan 3 dalam acara dihadiri para pejabat tinggi Pratama/ administrator dan pengawas, para kepala UPT yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya.

Dalam acara ini ketua panitia Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Tata Usaha Hendri Rahman membacakan laporan tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS golongan 2 yaitu Peraturan Kepala Lan Nomor 24 Tahun 2017, adapun tujuan Diklat ini guna membentuk PNS profesional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat, selain itu juga sebagai salah satu syarat untuk dapat diusulkan dari status CPNS menjadi PNS.

Peserta yang mengikuti Diklat ini sebanyak 77 orang untuk angkatan 2 dan 3 yang mewakili dari 11 UPT yang berada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh.

Waktu pelaksanaan selama 113 hari kerja dengan metode klasikal selama 33 hari kerja dan non klasikal selama 80 hari kerja. Dimulai pada hari ini tanggal 30 April sampai dengan 2 Juni 2018 dan kembali pada tanggal 27 Agustus 2018, tempat pelaksanaan latsar angkatan 2 dan 3 ini bertempat di rumoh PMI hotel.
Acara dibuka oleh kepala bagian umum yang mewakili kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan hak asasi manusia Aceh, dalam sambutannya kepala bagian umum Edison menyampaikan pelatihan dasar CPNS merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi seorang calon Pegawai Negeri Sipil untuk dapat diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, soal CPNS wajib lulus Pendidikan dan Pelatihan, latsar CPNS nantinya akan dibagi dalam tiga tahapan yakni Diklat bela negara, pembentukan karakter, dan internalisasi nilai dasar ASN, serta pembekalan teknis dari unit kerja masing-masing seperti yang telah dilaksanakan pada saat orientasi terdahulu.

Selanjutnya, sesuai dengan Peraturan Kepala Lan Nomor 24 Tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS golongan 2 menyebutkan tujuan pelaksanaan dasar untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter hal ini Tentunya sejalan dengan tata nilai yang ada pada Kementerian kita yaitu PASTI, Profesional, Akuntabel ,Sinergi, Transparan dan Inovatif.

https://aceh.kemenkumham.go.id