RASIS1

 

Sahabat pembelajar,

 

Rasisme banyak terjadi di Indonesia, tapi sangat jarang dibahas. Protes besar saat ini di Amerika Serikat adalah salah satu contoh dari akibat yang disebabkan oleh rasisme.

Di Indonesia , Rasisme tidak hanya terjadi pada masyarakat minoritas atau yang warna kulitnya berbeda, tapi juga stereotype bagi sekelompok masyarakat dari daerah atau keturunan tertentu, dan rasa sentiment yang begitu tinggi terhadap segala sesuatu yang berbeda dengan apa yang kita percayai.

Perlakuan rasis sudah mengakar dalam budaya dan sejarah Indonesia. Bentuk perlakuannya berbeda-beda, ada yang berbentuk kekerasan, ada yang tidak kentara. Ada banyak bentuk dan dampak dari rasisme di Indonesia, dan Rasisme justru meningkat karena orang Indonesia tidak membicarakan apa itu rasisme, seperti apa bentuknya, dan apa akibatnya.

Protes masyarakat Papua atas perlakuan dan pandangan saudara mereka sesame WNI, Kerusuhan warga Madura dengan warga keturunan Jawa, Kisruh warga Lampung dengan warga pendatang keturunan Bali, Chaos berujung pembantaian di Poso. Adalah akibat dari rasisme yang terkadang berujung ditunggangi keuntungan Politik pihak tidak bertanggung jawab.

Stop Rasisme dari diri kita sendiri, sekarang juga.

Salam pembelajar !

rasis10