panca

 

panca2

 

Berdasarkan surat Sekretaris Jenderal nomor SEK-UM.04.01-130 tanggal 28 mei tahun 2020 perihal Pedoman Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor : 04 Tahun 2020 tanggal 18 Mei 2020 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dan undangan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor : Udn.131/BPIP/05/2020 tanggal 22 Mei 2020 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila,diinstruksikan kepada Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM untuk mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 melalui media digital (kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP), Televisi Republik Indonesia (TVRI), Radio Republik Indonesiadari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing. 

 

Dan untuk menggelorakan semangat Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, untuk instansi pusat dan daerah agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2020 di kantor dan di rumah/tempat tinggal masing-masing Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM.

 

Kedudukan Pancasila sebagai ideologi negara yang telah terbukti mampu memperkokoh persamaan bangsa di tengah keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya di Indonesia.


Di Era Kemenkumham Corpu saat ini, kita harus terus merefleksikan nilai-nilai fundamental Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

 

Di tengah pandangan dan tindakan yang selalu mengancam persatuan bangsa, sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila. Penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan bangsa kita.

 

Peran aktif dari kita semua sebagai bagian dari Kementerian Hukum dan HAM, adalah untuk bersama-sama menjaga Pancasila. Kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong, dan toleran, tapi harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. #kumhampasti