01092020

Depok – Saat ini pejabat yang mengisi jabatan eselon III sebanyak 13 orang, sedangkan eselon IV mencapai 33 orang. Dengan demikian totalnya ada 46 pejabat eselon III dan IV pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

Dari sebanyak 46 pejabat eselon III dan IV nantinya 42 orang yang terdiri atas 12 orang eselon III dan 30 orang eselon IV akan dialihkan kejabatan fungsional. Hal itu disampaikan Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM, Hantor Situmorang saat apel pagi pegawai (09/01/2020).

Itu artinya ada 1 jabatan eselon III dan 3 jabatan eselon IV yang tidak dialihkan, untuk jabatan eselon IV yang akan dipertahankan adalah Subbagian Tata Usaha pada setiap Biro/Direktorat/Inspektorat/Pusat karena mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha dan rumah tangga masing-masing unit eselon II.

Sementara jabatan eselon III Bagian Program dan Pelaporan pada masing-masing sekretariat Unit Eselon I tidak dialihkan, karena mengampu tugas yang heterogen yaitu: Penyusunan rencana dan anggaran, penyusunan peraturan perundang-undangan, penataan kelembagaan dan tata laksana, evaluasi dan pelaporan serta fasilitasi pelaksanaan reformasi birokrasi. Jelas Hantor.

Sosialisasi pengalihan jabatan struktural Eselon III dan IV pada unit eselon I ke jabatan fungsional bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai soal kebijakan penyederhanaan birokrasi agar setiap setiap pegawai dapat menyesuaikan diri dengan struktur organisasi yang dinamis, agile (lincah), dan profesional untuk meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik.

01092020a

01092020b