18092019q

Depok - Rabu, (18/09) Guest House BPSDM Hukum dan HAM dipenuhi oleh para Taruna dan Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan ( Poltekip ) dan Politeknik Imigrasi ( Poltekim ). terlihat ketertarikan para Taruna dan Taruni dalam memperhatikan materi sosialisasi yang disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia(Balitbangkumham), Asep Kurnia. Materi yang disampaikan tersebut mengenai pelayanan publik serta publikasi hasil penelitian Balitbang di berbagai topik di bidang Hukum dan HAM.

Melalui paparannya, Asep menyampaikan tentang penelitian yang telah dihasilkan oleh Balitbangkumham sejauh ini, diantaranya dipublikasikan dalam bentuk buku, e-book, dan jurnal ilmiah. Diantara sekian banyak jurnal yang dipublikasikan oleh Balitbang, tiga diantaranya terdaftar dalam SINTA ( Science and Technology Index ). Ini tentunya menjadi salah satu pengakuan dan pengukuran kredibilitas sebuah jurnal yang telah dihasilkan oleh Balitbang.

Selain memaparkan hasil-hasil penelitian, Asep juga menekankan pentingnya kredibilitas sebuah sumber penelitian semacam jurnal dan e-book untuk digunakan dalam penelitian. Maka dari itu, Ia mendorong para Taruna dan Taruni untuk menggunakan sumber-sumber terpercaya ketika akan mengerjakan tugas akhir, salah satunya melalui portal penelitian Balitbang yang bisa diakses secara online. Disana, Taruna dan Taruni bisa menemukan e-book atapun jurnal dengan kredibilitas yang tidak diragukan.

“ Dan semisal kalian merasa bingung dan butuh bimbingan, kalian bisa datang langsung ke Balitbangkumham. Kita menyediakan tempat untuk bimbingan dan konsultasi, dan disana kan juga ada perpustakaannya, ada AC-nya juga, datanglah kesana apalagi untuk yang sedang dan akan mengerjakan tugas akhir” Papar Asep di depan para Taruna dan Taruni.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Min Usihen, Plt. Kepala BPSDM Hukum dan HAM. Dalam sambutannya, Min Usihen menyampaikan tugas dari Balitbangkumham serta menjelaskan bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh Balitbang merupakan salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika ( baik Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga Penelitian ) dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Min Usihen merespon dengan hangat segala kegiatan yang dilakukan oleh Balitbangkumham, dan mendorong para Taruna dan Taruni serta civitas akademika Poltekip dan Poltekim untuk menjadikan sosialisasi ini sebagai informasi dan ilmu tambahan untuk mereka. “ Forum ini merupakan tambahan informasi untuk mendapatkan bahan-bahan referensi dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat” Ucap Min Usihen dalam sambutannya.

18092019q1

18092019q2