12092019q 1

Depok- Kepala Pusat Pengembangan Diklat Fungsional dan HAM Pocut Eliza membuka dengan resmi Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Analis Keimigrasian Angkatan III Pendanaan PNBP Direktorat Jenderal Imigrasi di Guest House 12/9/2019.

Dalam sambutannya Pocut Eliza menyampaikan bahwa mudahnya akses lalu lintas orang antar negara dalam era globalisasi saat ini memungkinkan terjadinya praktik kejahatan lintas negara yang semakin meningkat atau yang sering dikenal dengan Transnational Crime.
Lebih lanjut disampaikan bahwa era perdagangan bebas dan perkembangan dunia bahkan disinyalir menyumbang terhadap Peningkatan Transnational Crime baik dari segi jumlah maupun modus operandi yang semakin canggih. Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi terjadinya kejahatan lintas negara, tegas Pocut.

Peran analis keimigrasian sangat diperlukan karena mempunyai posisi yang penting dan strategis tegasnya.

Menurutnya analis keimigrasian merupakan pejabat fungsional yang memegang peranan penting dalam pengidentifikasian dan penelaahan secara objektif dan sistematis terhadap lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia. Dengan kompleks tugas analis keimigrasian dibutuhkan sosok petugas yang memiliki kompetensi yang profesional serta dituntut juga memiliki integritas dan akuntabilitas, pungkas pocut.

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Bidang penyelenggaraan Ma'mur Saputra menyampaikan Pelatihan Fungsional Analis Keimigrasian Ahli Pertama Angkatan III dilaksanakan selama 22 Hari dimulai dari tanggal 12 September sampai 3 Oktober 2019 yang diikuti sebanyak 40 orang peserta.

12092019q 3

12092019q 4