23042019

Depok - Kembali Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menyelenggarakan Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan Angkatan VI, kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Fungsional dan HAM, Pocut Eliza. Bertempat di Guest House (23/04/2019).

Mengawali sambutannya Kepala Pusat Pengembangan Fungsional dan HAM menyampaikan didalam sistem peradilan pidana terpadu (integrated Criminal justice System), Pemasyarakatan adalah salah satu Lembaga penegak hukum yang memiliki peran dan fungsi antara lain mengubah perikehidupan para pelanggar hukum kembali ketengah masyarakat melalui fungsi reintegrasi sosial.

Lebih lanjut bahwa peran Balai Pemasyarakatan sebagai salah satu unit pelaksana teknis pemasyarakatan mempunyai posisi strategis mulai dari pra adjudikasi, adjudikasi hingga post adjudikasi yang secara teknis dilakukan oleh seorang pembimbing kemasyarakatan.

Menurutnya sebelum dan sesudah proses peradilan seorang pembimbing kemasyarakatan dituntut perannya untuk mendampingi seseorang pelanggar hukum baik anak maupun dewasa untuk mendapatkan perlakuan yang adil dalam proses peradilan maupun mendapat bimbingan setelah menjalani hukuman.

Tugas pembimbing kemasyarakatan dalam menangani klien pemasyarakatan mulai dari penelitian kemasyarakatan, pendampingan, pembimbingan, pengawasan dan sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) membutuhkan penguasaan kompetensi dan profesionalisme.

Sebelumnya Kepala Bidang Penyelenggaraan, Mamur Saputra Pelatihan Pembimbing Kemasyarakatan Angkatann VI diselenggarakan selama 20 hari dimulai dari tanggal 22 April berakhir pada tanggal 11 Mei 2019, yang diikuti sebanyak 40 (empat puluh) peserta.

23042019c

23042019e