08032019

Depok – Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Kepemimpinan, Indro Purwoko, menyampaikan sosialisasi tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada kegiatan Apel Pagi, di Auditorium (08/03/19).

Dalam amanatnya, Indro menjelaskan bahwa Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Terdapat 2 penilaian dalam hal ini yaitu komponen pengungkit (60%) dan komponen hasil (40%). Komponen pengungkit dilihat dari manajemen perubahan (5%), penataan tatalaksana (5%), penataan sistem manajemen SDM (15%), penguatan akuntabilitas kinerja (10%), penguatan pengawasan (15%), dan penguatan kualitas pelayanan publik (10%). Sedangkan indikator hasil tertuju pada dua sasaran utama yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN (20%) dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat (20%).

Disampaikan lebih lanjut bahwa dalam penataan tatalaksana, terdapat tiga hal yaitu Standar Prosedur Operasional (SOP), E-Office, dan Keterbukaan Informasi Publik. Salah satu bentuk E-Office yaitu terkait sistem pengukuran kinerja, baik kinerja satuan kerja maupun kinerja individu. Pengukuran kinerja individu dapat dilihat melalui jurnal harian maupun SKP, sedangkan pengukuran kinerja unit dapat melalui aplikasi e-performance. Selain itu, salah satu bentuk operasional manajemen SDM yang sudah menggunakan aplikasi yaitu terkait dengan absensi pegawai dan SIMPEG. Kemudian untuk hasil yang lebih baik, penggunaan aplikasi tersebut harus dievaluasi secara berkala dan bertahap.

“Marilah kita bersama-sama membangun komitmen bahwa tidak hanya pimpinan saja namun juga seluruh jajaran”, tutupnya.

08032019a