06032019x

Depok _ Jabatan bukan hanya kepercayaan dan tanggung jawab semata, maknai sebuah jabatan sebagai sebuah amanah yang harus kita tunaikan. Saudara yang dilantik adalah orang yang terpilih yang diberikan kepercayaan oleh pimpinan, dengan menggunakan kata terpilih saudara akan menunaikan kepercayaan itu dengan sesungguh-sungguhnya.

Hal itu disampaikan dalam amanatnya Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Mardjoeki dalam Sambutannya pada Kegiatan Pelantikan Direktur Politeknik Imigrasi dan Pejabat Administrasi di Lingkungan BPSDM Hukum dan HAM, di Auditorium (06/03/2019).

Dikutipnya dari Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah menjelaskan, amanah adalah sesuatu yang diserahkan kepada pihak lain untuk dipelihara dan dikembalikan bila tiba saatnya atau bila diminta oleh pemiliknya. Amanah adalah lawan dari khianat. Ia tidak diberikan kecuali kepada orang yang dinilai pemberinya dapat memelihara dengan baik apa yang diberikannya itu.

Kepala BPSDM Hukum dan HAM menutup sambutannya dengan mengutip sebuah kisah mengharukan yang bisa menjadi inspirasi kita dalam menjalani hidup untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki di dunia maupun di kehidupan berikutnya. Kisah ini tentang seorang panglima perang di masa pemerintahan Umar bin Khattab yang dipecat karena tidak pernah berbuat kesalahan.

Pada zaman pemerintahan Khalifah Syaidina Umar bin Khatab, tersebutnya seorang panglima perang yang disegani lawan dan dicintai kawan. Panglima perang ini  tidak pernah kalah sepanjang karirnya memimpin tentara di medan perang. Baik pada saat beliau masih menjadi panglima Quraish, maupun setelah beliau masuk Islam dan menjadi panglima perang umat muslim. Beliau adalah Jenderal Khalid bin Walid.

Akhir cerita Pada suatu ketika, di saat beliau sedang berada di garis depan, memimpin peperangan, tiba-tiba datang seorang utusan dari Amirul mukminin, Syaidina Umar bin Khatab, yang mengantarkan sebuah surat. Di dalam surat tersebut tertulis pesan singkat, “Dengan ini saya nyatakan Jenderal Khalid bin Walid dipecat sebagai panglima perang. Segera menghadap!”

Berikut nama daftar pejabat yang dilantik :

  1. Anggiat Napitupulu Sebagai Direktur Politeknik Imigrasi (POLTEKIM),
  2. Kusnadi SH, MH sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusat Pengembangan Diklat Teknis dan Kepemimpinan,
  3. Herlina Milasari, SE, M.Si Sebagai Kepala Bidang Program Pusat Penilaian Kompetensi,
  4. Siti Fajar Ningrum, SS, M.Si Sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama Sekretariat Badan,
  5. Haddryson, SH, MH Sebagai Kepala Bidang Sistem Informasi Pusat Penilaian Kompetensi,
  6. Dratha Iswandy, SH Sebagai Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan Pusat Pengembangan Diklat Teknis dan Kepemimpinan,
  7. Debby Fatmawati Syarif, S.Sos, MM Sebagai Kepala Subbidang Penyusunan program dan Anggaran Pusat Pengembangan Diklat Teknis dan Kepemimpinan,
  8. Ahmad Murasa, SH Sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Pusat Pengembangan Diklat Fungsional dan HAM,
  9. Andri RahmantoSE, MAP Sebagai Kepala Subbagian Pengelolaan BMN dan Umum Sekretariat Badan,
  10. Denny Suhandi, SH Sebagai Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Sekretariat Badan,
  11. Adriadi, SH, M.Si Sebagai Kepala Subbidang Evaluasi dan Pelaporan Pusat Penilaian Kompetensi,
  12. Isye Gilargunani, SE, M.Si Sebagai Kepala Subbidang Pelaporan Pusat Pengembangan Diklat Teknis dan Kepemimpinan,
  13. Last Sariyanti, A.Md.IP, SH, MH Sebagai Kepala Subbidang Penyusunan Program dan Anggaran Pusat Pengembangan Diklat Fungsional dan HAM,
  14. Nurbari, SH Sebagai Kepala Subbidang Evaluasi Pusat Pengembangan Diklat Fungisonal dan HAM,
  15. Deddy Darmawan, SH Sebagai Kasubbidang Standarisasi dan Metode Pusat Pengembangan Diklat Fungsional dan HAM,

06032019x1

06032019x2