12092018

DEPOK – Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menyelenggarakan Kegiatan Assessment Center Bagi Jabatan Fungsional Umum (JFU) Angkatan X, yang dilaksanakan pada 12 – 13 September 2018 bertempat di Ruang Belajar kelas Q (12/09/2018).

Menariknya dalam angkatan ini dua dari 40 peserta Aparatur Sipil Negara(ASN) meskipun dengan keterbatasan khusus tetap antusias dalam mengikuti kegiatan ini mengingat setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi dengan memperhatikan hasil penilaian kinerja dan penilaian kompetensi PNS yang bersangkutan.

Dalam sambutannya Kepala Pusat Penilaian Kompetensi, Hantor Situmorang menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah Pemetaan profil kompetensi para pegawai Aparatur Sipil Negara, mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan serta hasil assessment dapat dipergunakan untuk analisis pengembangan kompetensi.

Menurutnya ada enam kompetensi yang harus dimiliki ASN yang meliputi Kompetensi teknis; kompetensi manajerial; kompetensi sosial kultural; Integritas; Moralitas.

‘’Bahwa untuk pengembangan kompetensi baik manajerial maupun teknis yang saudara miliki bukan hanya menjadi tangunggjawab BPSDM Hukum dan HAM melalui pendidikan dan pelatihan melainkan tanggung jawab kita semua demi tercapainya peningkatan kinerja individu maupun organisasi’’ ujarnya.

Teknis pelaksanaan kegiatan hari Ke-1, Tes Kompetensi Teknis yang terdiri dari Tes Pengetahuan Dasar dengan metode CBT, Tes Kemampuan Komputer dan Tes Menulis Konsep dan wawancara kompetensi. Selanjutnya, hari Ke-2 yaitu Penilaian Kompetensi Manajerial yang terdiri dari beberapa metode dan simulasi diantaranya psikotes, analisa kasus, pengisian kuesioner kompetensi dan diskusi kelompok.

12092018a

12092018b