06092018

DEPOK – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Assessment Center Bagi Jabatan Fungsional yang bertempat di Ruang Belajar kelas Q , yang diselenggarakan pada 06 dan 07 September 2018 (06/09/2018).

Dalam sambutannya Kepala Pusat Penilaian Kompetensi, Hantor Situmorang.menyampaikan kompetensi tentang Manajemen PNS juga mengamanatkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus melandaskan diri pada prinsip memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya yang meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi social kultural.

‘’Assesment Center merupakan sebuah proses,prosedur pendekatan guna menilai atau mengukur kompetensi seseorang dengan metode yang memiliki akurasi dan objektifitas yang dapat diandalkan. Melalui assessment center dapat diidentifikasi dan mampu memberikan gambaran tentang kompetensi manajerial maupun kompetensi teknis pegawai yang perlu dikembangkan disesuaikan dengan persyaratan jabatan serta dapat memberikan gambaran tentang pelatihan yang diperlukan untuk pengembangan kompetensi pegawai yang bersangkutan’’, ujarnya.

Maka penyelenggaraan Assessment Center oleh pusat penilaian kompetensi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM baik yang diselenggarakan bagi para pegawai Unit Pusat maupun kantor – kantor wilayah, merupakan bagian dari program pemetaan profil kompetensi pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Teknis pelaksanaan kegiatan dimana hari pertama dilakukan tes kompetensi teknis yang terdiri dari test pengetahuan dasar dengan metode CBT, tes kemampuan computer dan tes menulis konsep serta wawancara kompetensi. Sementara dihari kedua dilakukan penilaian kompetensi manajrial yang terdiri dari beberapa metode dan simulasi yaitu psikotes, Analisa kasus, pengisian kuesioner kompetensi dan diskusi kelompok.

06092018a