09082018

DEPOK – Dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap kaum perempuan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPSDM Hukum dan HAM menggandeng Laboratorium Prodia Bona Indah menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan papsmear untuk mencegah kanker serviks, di Guest house BPSDM Hukum dan HAM. (09/08/2018)

Mengawali kegiatan, Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM, Chairani Idha menyampaikan “Saat ini alasan mengapa wanita tidak ingin memeriksakan diri mengenai kanker serviks disebabkan oleh rasa malu, serta rasa takut jika hasilnya positif kanker”.

Oleh karena itu, pihak BPSDM Hukum dan HAM mengadakan dan melaksanakan pemeriksaan kanker serviks khususnya untuk para wanita yang ada dilingkungan BPSDM Hukum dan HAM yang difasilitasi oleh Poliklinik. Tegas idha.

Kemudian acara dilanjutkan oleh pemaparan materi mengenai pemeriksaan untuk mencegah ca-cervix. “Kenapa kesehatan wanita penting karena ibu-ibu merupakan tiang di keluarga, sebab ibu yang mengurus semua urusan rumah tangga. Jadi kesehatan ibu sangatlah penting.” Ujar Kiki Sandra dari Prodia.

Dalam materinya yang bertema “Women’s Health Mari Periksa Papsmear Untuk Mencegah Ca-Cervix”, Kiki menyampaikan kanker serviks adalah keganasan yang terjadi pada leher rahim, kanker serviks terjadi saat sel normal di serviks berubah menjadi sel kanker.

Virus yang menyebabkan kanker serviks yaitu virus HPV, adapun penyebab kanker serviks terdeteksi tidak dalam kurun waktu yang sebentar, melainkan dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun. Karena kanker serviks tidak memiliki gejala, maka dari itu wanita harus rajin melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah ca-cervix, dan cara untuk melakukan pencegahan kanker serviks yaitu dengan melakukan vaksin.

09082018a

09082018b