08082018x

BOGOR – Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Chairani Idha Koesmayawati membuka kegiatan Workshop Penyusunan Soal-soal Assessment di Lingkungan BPSDM Hukum dan HAM Tahun 2018 yang dilaksanakan di Bogor (08/08/2018)

Dalam sambutan Sekretaris BPSDM, Chairani Idha menyampaikan “Assessment Center tidak hanya diperlukan ketika ada kebutuhan tetapi idealnya sebuah organisasi memiliki assessment center yang berfungsi untuk membantu dalam perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia dan sifatnya adalah rutin”.

“Sejumlah dimensi manajerial yang dinilai oleh organisasi melalui assessment center antara lain kepemimpinan, kemampuan perencanaan dan organisasi, pengambilan keputusan, kemampuan komunikasi lisan dan tertulis, kemampuan melakukan hubungan dengan orang lain, dan potensi diri lainnya secara keseluruhan”. Ungkapnya.

Selanjutnya Idha menyampaikan “Proses assessment center terdiri dari beberapa tahapan, antara lain yang pertama tahap identifikasi kompetensi yang dilakukan untuk menggali informasi mengenai standar kompetensi yang dibutuhkan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap ke 2 yaitu tahap penyusunan instrument/simulasi digunakan untuk menggali kompetensi yang telah dirumuskan dalam standar kompetensi”.

“Workshop ini bertujuan untuk dapat menghasilkan soal-soal assessment yang valid untuk digunakan pada simulasi-simulasi assessment di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda-beda pada tiap unit eselon satu. diharapkan dengan adanya workshop ini peserta memperoleh pengayaan teknik pembuatan soal dalam ranah assessment yang kemudian dapat digunakan untuk pembuatan soal simulasi analisa kasus maupun simulasi lainnya pada penyelenggaraan assessment center di Pusat Penilaian Kompetensi”. Ujar Idha

08082018x1

08082018x2