020418a

Depok_Kepala Pusat Pengembangan Teknis dan Kepemimpinan, Andi Dahrif Rafied membuka kegiatan Diklat Bendahara Pengeluaran APBN Angkatan II di Guesthouse BPSDM Hukum dan HAM, Senin (02/04).

Mengawali sambutannya, Andi menyampaikan Diklat Bendahara Pengeluaran APBN ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai yang menduduki jabatan bendahara pengeluaran/ calon bendahara pengeluaran sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Bendahara Pengeluaran  Pembantu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tujuan lainnya untuk mempersiapkan tenaga bendahara yang berkualitas dalam mengelola keuangan negara secara akuntable.Sumber daya manusia adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Manajemen Sumber Daya manusia dapat dilakukan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia dapat dilakukan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan baik formal maupun non formal.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas dan kompetensi para pengelola keuangan negara khususnya para bendahara disetiap unit pemerintahan, dituntut untuk mampu melaksanakan tugasnya seperti menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan keuangan negara sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara disetiap unit/instansi/satuan kerja kementerian negara/Lembaga, sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara, Undang-Undang  Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Laporan Kepala Bidang Penyelenggara Teknis dan Kepemimpinan, Jusman peserta yang mengikuti diklat sebanyak 30 orang peserta berlangsung selama 6 hari efektif belajar dan tidak ada sistem ujian ulang. Dimulai pada tanggal 01 April dan berakhir tanggal 07 April 2018.

020418

 

020418b