120318A

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia, Mardjoeki membuka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Guesthouse, BPSDM Hukum dan HAM (12/03).

Pengelolaan Keuangan merupakan salah satu kegiatan administrasi utama dalam kepemerintahan yang menuntut prinsip tata kelola yang baik dan mengharuskan setiap organisasi melakukan pelaksanaan anggaran dengan baik dan benar, sehingga setiap kegiatan dapat dipertanggungjawabkan secara transparan.

Salah satu pengelola keuanga negara adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang merupakan salah satu pejabat pengelola keuangan di satuan kerja yang peranannya sangat krusial. Dalam siklus anggaran (budget cycle) akan selalu dijumpai peran serta dari PPK ini disetiap tahapannya, baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, maupun pertanggungjawaban anggaran. Karena peranannya yang sangat penting tersebut maka PPK diharapkan menjalankan tugas dan kewenangannya dengan baik.

Mardjoeki berpesan “Diklat Teknis Pejabat Pembuat Komitmen adalah salah satu upaya yang dilakukan oeh BPSDM Hukum dan HAM untuk meningkatkan kemampuan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar menunjang tata kelola keuangan negara di Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan dapat dipertahankan”.

Berikut yang disampaikan Kepala Bidang Penyelengga, Jusman yaitu Jumlah peserta sebanyak 30 orang waktu pelaksanaan diklat yang itu selama 6 hari dimulai pada tanggal 11 s/d 16 Maret 2018.

120318