WhatsApp Image 2019 07 15 at 10.27.17 PM

Tanjungpinang, Dalam rangka penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Tahun anggaran 2019, Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau (Badiklatkumham Kepri) lakukan kerja sama dengan 3 (tiga) lembaga diklat pemerintah di wilayah regional Sumatera. Diantaranya Balai Pelatihan Kesehatan Batam, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, dan BPSDM Sumatera Selatan.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan ke-3 lembaga diklat tersebut diselenggarakan pada Minggu (14/07/2019) di Hotel Comforta Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, yang disaksikan langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Dr.Marjoeki.

Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Pusat Pengembangan Diklat Teknis Kepemimpinan,Indro Purwoko,Bc.IP.S.Sos., Kepala Pengembangan Diklat Teknis Fungsional dan HAM, Pocut Eliza,S.Sos,SH.MH., Kepala Divisi Administrasi Kanwilkumham Kepulauan Riau, Ajar Anggono,SH.,MH, dan para peserta Pelatihan Pelaksana Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat Angatan I & II.

Kerjasama tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 12 Tahun 2018 dimana dalam pasal 9 ayat 2 menyatakan bahwa Lembaga pelatihan pemerintah yang belum terakreditasi dapat menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS dengan penjaminan mutu dari LAN atau Lembaga Pelatihan Terakreditasi dengan akreditasi paling rendah B.

Berdasarkan Permenkumham No.4 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia, pasal 1 dan 2 menyatakan bahwa Badiklatkumham merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPSDM Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala

BPSDM Hukum dan Hak Asasi Manusia. yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang hukum dan hak asasi manusia, dengan wilayah kerja yang juga telah diatur didalam nya.

Sebagai UPT yang baru berjalan setahun ini Badiklatkumham Kepri diberi amanat untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS (Latsar) pada Tahun Anggaran 2019.

Dan dengan keterbatasan sarana prasarana serta belum terakreditasinya Badiklatkumham Kepri ini direncanakan akan melaksanakan Latsar dengan jumlah peserta sebanyak 354 yang dibagi 3 Rayon antara lain : Medan (meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara dan Riau) dengan jumlah peserta 177 orang pegawai (43 orang pegawai golongan III, 134 orang pegawai golongan II), Batam ( meliputi Kepulauan Riau dan Sumatera Barat) dengan jumlah peserta 108 orang pegawai ( 36 orang pegawai golongan III dan 72 orang pegawai golongan II), serta Palembang (meliputi Sumatera Selatan,

Jambi dan Bangka Belitung) dengan jumlah peserta 69 orang pegawai (33 orang pegawai golongan III dan 36 pegawai golongan II)

Adapun bentuk kerjasama tersebut meliputi Pengampuan Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS, Penyediaan Tenaga Pengajar / Fasilitator, dan Pelaksanaan penjamin mutu.

Kepala BPSDM, Dr Mardjoeki mengemukakan bahwa "perjanjian kerjasama merupakan bentuk sinergitas dan tanggung jawab kita bersama, pemenuhan kompetensi ASN harus dilaksanakan dengan baik sehingga generasi penerus kita sebagai ASN betul-betul mampu merespons berbagai dinamika yang akan terjadi puluhan tahun ke depan dan Pelaksanaan Latsar menjadi bagian penting didalam upaya kita untuk menyiapkan para ASN untuk mengemban tanggung jawab yang sangat strategis dalam menyelenggarakan pemerintahan dengan dinamika yang sedemikian cepat baik dalam penilaian statik maupun dalam perkembangan teknologi informasi yang begitu masif didalam kehidupan kita, para CPNS inilah yang pada akhirnya nanti yang akan melaksanakan serta merespons dinamika-dinamika yang akan terjadi dalam tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatannya masing-masing oleh karena itu diperlukan sinergitas yang hari ini diwujudkan dengan adanya Perjanjian Kerjasama ini ". (Humas/Novian)

WhatsApp Image 2019 07 15 at 10.27.18 PM 1

WhatsApp Image 2019 07 15 at 10.27.18 PM

WhatsApp Image 2019 07 15 at 10.27.19 PM