WhatsApp Image 2019 03 18 at 12.45.42 1

Batam, Bertempat di Wisma Batam Kementerian Agama, Kota Batam pada Senin (18/03/2019), Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pengamanan bagi Petugas Pintu Utama (P2U) pada Lapas dan Rutan.

Pembukaan Pelatihan dibuka dengan Upacara dan bertindak sebagai inspektur adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Maulidi Hilal,S.H.,M.Si. dan dihadiri berbagai unsur satuan kerja dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri dan pemerintahan vertikal lainnya seperti : TNI AL, Satbrimob Polda Kepri, Basarnas, Bapelkes Batam, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri dan Badan Kesbangpolinmas Batam.

Dalam sambutan Direktur Keamanan dan Ketertiban, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dibacakan oleh inspektur upacara, mengatakan bahwa salah satu tugas dan fungsi pemasyarakatan yang menjadi permasalahan utama adalah lemahnya sistem pengamanan Lembaga Pemasyarakatan maupun rumah tahanan negara, khususnya pada lingkungan pintu utama pada lembaga pemasyarakatan dan rumah Tahanan yang mana menjadi gerbang keluar-masuknya orang dan Barang di lapas ataupun rutan yang berpengaruh pada ketentraman dan keamanan serta ketertiban di dalam lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan negara. Hal-hal yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan masyarakat dan pemeliharaan kamtib dalam pelaksanaan kunjungan/besukan di dalam lapas dirasakan kurang maksimal, karena rendahnya kualitas petugas pintu utama dalam melaksanakan tugasnya.

Pelatihan Teknis Pengamanan bagi Petugas Pintu Utama (P2U) pada Lapas dan Rutan dilaksanakan langsung 2(dua) angkatan dan diikuti oleh 80 (delapan puluh) peserta yang terdiri dari 75 (tujuh puluh lima) Pria dan 5 (lima) Wanita. Adapun Narasumber dan Tenaga Pengajar dalam pelatihan ini berasal dari internal seperti : Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Kep.Bangka Belitung, Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Kepala LPKA Batam, dan pejabat teknis lainnya di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dilingkungan Kanwilkumham Kepri. selain tenaga pengajar internal, pelatihan ini juga melibatkan tenaga pengajar dari eksternal seperti Batalyon 10 Marinir / Satria Bhumi Yudha dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau.

WhatsApp Image 2019 03 18 at 12.45.41

WhatsApp Image 2019 03 18 at 12.45.43 2

WhatsApp Image 2019 03 18 at 12.45.43 1