236f86e6 364c 4c84 939f eca423e52f9f

 

Setokok, Bertempat di Markas Komando Batalyon Infanteri Marinir 10 / Satria Bhumi Yudha Pulau Setokok Kota Batam, telah dilaksanakan upacara pembukaan pelatihan Pengamanan bagi Kepala Regu pada Lapas dan Rutan. Bertindak selaku inspektur upacara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dr. Mardjoeki.
Upacara yang berlangsung dengan penuh hikmat ini dihadiri oleh unsur pejabat pimpinan tinggi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kepala Unit Pelaksana Teknis dari Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kepala Badan Narkotika Provinsi, Komandan Satuan Brigade Mobile (Satbrimob) Polda Kepri dan unsur jajaran pimpinan dari TNI & Polri serta Satker pada instansi vertikal lainnya yang berada di Kota Batam.
Dalam sambutannya Kepala BPSDM, Dr. Mardjoeki mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau atas penyelenggaraan pelatihan teknis pengamanan bagi kepala regu jaga pada lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara angkatan I dan II tahun anggaran 2019 dan berharap kepada peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini sehingga outcome yang diharapkan dari pelatihan ini dapat tercapai dengan optimal sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan amanah yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. 
Dalam Upacara juga dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM dengan Balai Pelatihan Kesehatan Batam dan Wisma Kementerian Agama Batam yang disaksikan langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Hukum dan HAM, terkait Pemanfaatan Balai Pelatihan Kesehatan Batam dan Wisma Kementerian Agama Batam sebagai tempat pengembangan sumber daya manusia aparatur Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di wilayah kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau.
 
80 Kepala Regu Pengamanan pada Lapas dan Rutan dilatih Marinir.
Dalam rangka peningkatan kapasitas petugas pemasyarakatan khususnya bagi Kepala Regu pada Lapas dan Rutan, Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pengamanan bagi Kepala Regu Jaga pada Lapas dan Rutan. Pelatihan tersebut diikuti oleh 80 (delapan puluh) peserta yang dibagi 2 Angkatan yang semuanya berasal dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di wilayah kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.
Pelatihan ini nantinya berlangsung selama 7 hari yang dimulai pada hari Minggu (24/02/2019), yang diawali dengan pelaksanaan registrasi dan check-in peserta di Kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau Batam Centre dan berakhir pada Sabtu (02/03/2019) di Markas Komando Batalyon Infanteri 10 Marinir / Satria Bhumi Yudha di Pulau Setokok Kota Batam.
Tenaga Pengajar pada Pelatihan ini berasal dari Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan BPSDM Hukum dan HAM, Pejabat Struktural pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, serta instansi terkait lainnya dalam hal ini dari Batalyon Infanteri 10 Marinir/ Satria Bhumi Yudha. Diharapkan dengan pelatihan ini peserta mampu menerapkan dan menganalisa teknis dan startegi pengamanan secara cepat, responsif dan terkoordinasi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prosedur yang berlaku.

 

 

0336639b 1996 4414 b440 fd4461b94379

 

e3960f67 1ced 403d ad70 f9277e084ddb

 

ff2dbd0c ae9d 467f a505 88a04d2af371