14022019

Batam, Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemajuan peradaban umat manusia, hal itu dapat dirasakan salah satunya dengan berbagai kemudahan akses informasi yang diperoleh secara realtime tanpa batas waktu dan ruang.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, sebagai institusi yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia di Kementerian Hukum dan HAM dituntut untuk mentransformasi mengikuti perkembangan tersebut dengan membuat terobosan-terobosan baru dalam pemanfaatan teknologi informasi, mulai dari sistem pengelolaan administrasi dalam hal pendataan peserta pelatihan, sistem ujian berbasis komputer, hingga metode pembelajaran berbasis elektronik (e-learning).

Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM (Badiklatkumham) Kepulauan Riau merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) didaerah yang secara substansial berada dibawah BPSDM Hukum dan HAM, yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 4 Tahun 2018 Tanggal 15 Februari 2018, dan mulai beroperasi pada bulan september 2018. Sebagai UPT baru, Badiklatkumham Kepulauan Riau dituntut memiliki kemampuan yang sama dengan BPSDM Hukum dan HAM dalam hal pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

Untuk itu pada Kamis (14/02/2019), bertempat di ruang rapat Badiklatkumham Kepri telah dilaksanakan kegiatan penguatan kapasitas pegawai dan CPNS terkait beberapa aplikasi yang digunakan oleh BPSDM dalam penyelenggaraan pelatihan. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah dari Bidang Sistem informasi pada Pusat Penilaian Kompetensi BPSDM Hukum dan HAM Bapak Hendri Guntoro,S.Kom.,M.Si (Kasubbid Sistem dan Jaringan) dan Bapak Widyantoro, S.IP.,M.Si (Kasubbid Data dan Informasi).

Dalam kegiatan tersebut para pegawai dan CPNS diberi pengetahuan terkait berbagai perangkat dan sistem pengoperasian pada aplikasi-aplikasi yang digunakan, seperti CBHRIS (Competency Base Human Resource Information System) yang digunakan sebagai sistem informasi yang berperan sebagai pusat informasi Kompetensi Pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM, didalam CBHRIS terdapat beberapa fitur mulai dari Pengelolaan Data Penyelenggaraan Pelatihan meliputi Penjadwalan,Registrasi Peserta,Pengalokasian Kelas,Tenaga pengajar,Fasilitator Kelas, Fasilitator Asrama, selanjutnya pengelolaan Penilaian Kompetensi (Assessment), Penganggaran dan Pelaporan. Aplikasi kedua adalah Computer Base Test (CBT), perangkat Computer Base Test (CBT) dilengkapi dengan mini server dengan flatform linux yang tertanam didalamnya, dan dioperasikan melalui jaringan lokal (Local Network) yang dapat diakses setiap peserta pelatihan untuk ujian baik pre-test maupun post test. Selanjutnya adalah aplikasi e-learning, merupakan aplikasi berbasis web dan dapat pula dijalankan pada smartphone berbasis Android yang dikembangkan dengan platform Learning Management System (LMS) Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). e-learning merupakan terobosan paling fundamental dalam penyelenggaraan pelatihan yang jika dilaksanakan dan dikembangkan secara serius dan konsisten dapat berpengaruh terhadap efisiensi dalam hal pembiayaan penyelenggaraan pelatihan, tanpa mengurangi output dan capaian kinerja BPSDM Hukum dan HAM dalam upaya pengembangan dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM Aparatur Kementerian Hukum dan HAM. (Humas Badiklatkumham Kepri)

14022019A

14022019B

14022019C